Friday, June 22, 2007

Ssst....panen daun salam neeh




Pulang kerumah ortu, apalagi yang dicari kalo bukan perlengkapan logistik untuk di Thai nanti...hiks! salah satunya ya ini nih, daun salam. Walaupun ada dijual di supermarket2 Pattaya tapi kayaknya lebih afdol kalo bawa langsung dari kampung (iya gak?) padahal daunsalam yang dijual disini juga gak kalah wanginya khususnya kalo untuk bikin nasi uduk duuh boleh juga apalagi kalo pas nyayur yang perlu extra banyak daun salam walaah lumayanlah buat nambah2 banyak. Tapi gw tetep pengen bawa yang dari kampung ini.

Saatnya untuk berburu daun salam. Karena udah hari terakhir nih di Jakarta. Untung dirumah mama ada pohon daunsalam ini. tapi...huhuhu...sayang banget masih pitil masih kecil, belum banyak daunnya...wah, belum bisa dipetik dong. Padahal kalo daun salam yang baru dipetik kan lebih bagus,lebih awet gitcu..maklum namanya juga buat stok!

Eeh..ditengah kesedihanku karena gak berhasil bawa daunsalam seger, adikku si Cuwee nawarin tuh daun salam tetangga yang emang punya pohonnya banyak banget! Oalah, gak taunya pohon tetangga lebih subur tuh, gille kayaknya dia sengaja nanem daunsalam berderet jadi penutup pagar rumahnya, boleh juga tuh idenya..

Gak pake lama, akhirnya gw dan Cuwee langsung aja ngedatengin si tetangga, minta izin untuk metik beberapa daunsalamnya. Alhamdulillah, tuan rumahnya baik banget. Gw disuruh ngambil sebanyak-banyaknya gw bisa ambil (tapi gimana mau ngambil banyak ya bu, wong pohonnya tinggi banget) jadi ya sesanggupnya tangan eike nyampe aja..

Begitu selesai dikumpulin hasil petikan gw & Cuwee... weleh2...banyak juga boo.. sekarang giliran anak gw si Biby dan Dondon (sepupunya) yang metikin daun dari dahannya..ya gak mungkin lah yaw gw bawa se-dahan2nya..hihiihiy..sekalian dipilihin yang paling bagus & seger.



Lumayaan, selesai dibersihin dapet seplastik cukuplah kira2 buat stock bikin sayur sampe akhir tahun.. akhirnya, kesampean juga bawa daun salam yang bener2 baru metik...horeey berhasil...!

Thanks ya Cuwee adikku, dan Dondon (anaknya Cuwee) atas usahanya ngedapetin daun salam seger...

No comments: