Thursday, June 19, 2008

3hari di Surabaya

Nyusul suami yang lagi dinas di Pasuruan-Surabaya? Hm.........siapa takut. Apalagi suamiku bilang berangkat sendiri aja. Anak-anak biar dititip sama nenek & kakeknya. Wah...asyik nih. Itung2 kesempatan plesiran berduaan and honeymoon lagi..............hahaha.....

Jadi deh, minggu pagi ikke berangkat ke Surabaya sendiri. Perjalanan 1 jam rasanya cepet banget, and tau2 pesawat udah mendarat di bandara Juanda. Disana, Didi suamiku udah ngejemput ontime. Jadi gak pake nunggu lama2, kita langsung jalan muterin kota Suroboyo.

Pagi hari udah nyampe Surabaya, bikin pengen cepet-cepet nyari sarapan enak di kota ini. Berhubung gak tau jajanan apa yang oke, maklum walaupun suamiku udah 3 bulan disini, teteup aja dia gak tau jajanan khasnya Suroboyo, wong dia kan bukan tipe tukang jajan seperti ikke jadilah teringat mbak Lisa yang katanya pernah lama tinggal di Surabaya. Langsung aja gw sms mbak Lisa di Thailand dan alhamdulillah langsung dijawab. Akhirnya gw dan suami langsung nyari deh tuh jajanan. Tapi kayaknya hari minggu ini gw kurang beruntung jalan2 di Surabaya, karena hari itu kebetulan ada rombongan pak Presiden SBY yang mau meresmikan jalan tol disana, dan ada pawai mobil hias menyambut ulangtahun kota Surabaya. Akibatnya banyak jalan-jalan utama yang ditutup dan macet dimana-mana. Uh...........not lucky for me. Udah gak bisa nembus ke pasar Genteng deh, akhirnya pak supir ngajak kita maen ke Mall barunya Surabaya didaerah Darmo...

Lumayan di foodcourt-nya ada juga restoran Piring Suroboyo yang menyajikan makanan khas Surabaya. Ada lontong tahu, rujak cingur, soto lamongan dll.
Kebeneran makanan2 tadi juga salah satu yang direkomendasikan sama mbak Lisa. Jadi tanpa malu2 lagi gw pesen aja semua makanannya. (Kalap ato laper jeng?)

Harganya juga lumayan murah untuk kelas restoran. Buat mbak Lisa thanks alot ya atas rekomendasinya walaupun gak semua bisa didapet seperti sate kerang......huhuhu.........

Selesai makan, langsung pulang ke Pasuruan. Dari Surabaya ke Pasuruan masih menempuh perjalanan 2 jam. Daripada tambah macet, mending pulang cepet abis katanya pak Presiden juga mau kunjungan ke Sidoarjo itu tuh tempat korban lumpur Lapindo. Sementara kita juga ngelewatin tempat itu. Daripada keburu ditutup untuk rombongan presiden, jadi kita pulang cepet2 berharap belum keduluan sama tuh rombongan. Walah kok jadi gak happy nih jalan2nya seperti dikejar2... waktunya gak tepat yah.

Nyampe Pasuruan udah magrib (magrib dikota ini lebih cepet 1 jam dari waktu magrib di Jakarta) jadi sepertinya jam 5 sore itu udah mulai gelap dengan suasana magrib yang terdengar pengajian dimana-mana, maklum kota santri.

Sebelum sampai di mess, masih sempet cari makanan dulu untuk dinner dan shalat magrib. Terus masih belanja lagi makanan kecil dan martabak terangbulan dan pulang. Di mess, gw langsung tidur pulezzz.......rasanya cuapekk banget.

Besoknya ibu penjaga mess, bikinin gw sarapan rawon lengkap.
aih.. endang gurindang deh. Malemnya Didi ngajakin dinner diluar. Makan bebek goreng. Tapi iihh.......gw kan gak doyan bebek. Jadi Didi aja yang makan bebek, sementara gw pesen ayam goreng pake sambal mangga.....sayang gak sempet take picture untuk sambal mangganya karena keasyikan ngobrol sama yang punya resto secara pemilik resto ini baik banget dan udah kenal sama Didi. Abis makan, jalan2 muterin kota Pasuruan sampe malem.

Besoknya lagi hari selasa, gw diajak ibu Budi (temennya Didi) jalan-jalan ke kota Malang. Wah...gak nolak dong gw. Janjian mau dijemput jam 11 siang. Ngaret 1/2 jam, akhirnya bu Budi dateng dan langsung jalan ke Malang. Perjalanan Pasuruan-Malang hampir 2 jam juga, setelah urusannya bu Budi di Malang selese, kita makan siang di Cwie Mie Malang langganannya Didi suami gw. Selese makan, belanja di pasar tradisionalnya sekalian cari oleh2. Gw dapet ulekan tanah liat yang untuk bikin tahu gejrot sama pisau2 kampung yang tajem itu. Lumayan. Terus untuk oleh2, gw dibawa sama bu Budi langsung ke keripik tempe malang yang terkenal itu. Untung masih buka. Setelah ngeborong banyak keripik tempe barulah kita balik pulang ke Pasuruan.

Nyampe Pasuruan, udah jam7an, Didi masih dikantor. Kesian banget suamiku di hari-hari terakhir tugas disana, masih banyak kerjaan!. Disitu, gw masih nungguin dia kerja sekitar 1jam-an, yang setelah itu akpabriknya hirnya kita dinner dulu sebelum pulang. Pak Supir bilang katanya di Pasuruan ada warung nasi rawon enak. ya udah , manut aja daripada makan bebek goreng lagi..hehehe...terus katanya kalo mau beli kerupuk udang juga di Pasuruan ada pabriknya yang so pasti juga harganya murah. Sayang, malam itu kita datengin eh udah tutup. Untung tempatnya gak jauh dari mess, jadi besok paginya gw bisa dateng sendiri ke pabrik itu naek becak...

Hari Rabu malem, gw and Didi pulang ke Jakarta. Selesailah sudah untuk sementara dinasnya suamiku di Pasuruan. Untuk selanjutnya dia dinas di Jakarta. Terimakasih ya untuk bu Budi yang udah setia nemenin daku kemana-mana selama di Pasuruan.......kapan2 kita maen lagi deh kesana apalagi masih banyak tempat wisata dan jajanan yang kemaren belum sempet kita datengin yaah.......ayo kapan gantian main ke Jakarta?